Turis ASEAN jadi pasar potensial pariwisata DIY

wisatawan asing yang berasal dari sejumlah negara pada wilayah asean menjadi pasar potensial yang dapat ditekuni lebih serius dengan para pelaku pariwisata dalam diy.

berdasarkan grafik kunjungan wisatawan asing ke diy, kasus wisatawan dari negara-negara asean terlebih singapura, malaysia juga thailand terus mengalami peningkatan yang menggembirakan, kata ketua association of the indonesia tours and travels (asita) yogyakarta edwin ismedi himna selama yogyakarta, jumat.

menurut dia, tingginya angka wisatawan asing dari asean yang berkunjung ke yogyakarta dipengaruhi dengan sederat aspek seperti jarak yang tidak begitu jauh juga transportasi yang tambah gampang.

upaya untuk meningkatkan kunjungan wisatawan asing terutama dari asean ingin dilaksanakan dengan upaya beriklan, salah satunya dan paling gampat ditempuh merupakan jogja travel mart 2013 yang mau diadakan selama 5--8 mei.

Informasi Lainnya:

edwin menungkapkan, pada model promosi pariwisata itu, setidaknya hendak dihadiri oleh 130 buyers daripada sederat negara seperti pelaku wisata dalam malaysia, singapura, thailand, australia, korea, jepang, rusia juga india.

selain dihadiri pelaku wisata daripada luar negeri, aktifitas tersebut dan mau dikuti dengan sekitar 55 buyers domestik dan juga baru merupakan pasar potensial terhadap pelaku wisata pada diy.

kami hendak mengajak kaum pelaku wisata itu mengunjungi sederat web lokasi wisata yang ada selama yogyakarta juga sekitarnya untuk lebih memberitahukan tujuan-tujuan wisata itu terhadap wisatawan asing, ujarnya.

sejumlah lokasi wisata yang akan didatangi dalam antaranya lava tour merapi mencari jeep, juga sejumlah wisata budaya dan telah merupakan ikon yogyakarta semisal malioboro, keraton yogyakarta dan juga candi borobudur.

berdasarkan data daripada dinas pariwisata diy di kemarin, wisatawan yang berkunjung ke diy mencapai 2,4 juta orang, serta 190.000 pada antaranya merupakan wisatawan asing. persentasi wisatawan asing itu mengalami kenaikan 18 persen dibanding tahun sebelumnya.

wisatawan asing yang paling banyak berkunjung ke yogyakarta berasal dari belanda, perancis, malaysia, singapura juga australia.

kami harapkan, dengan jogja travel mart ini, kunjungan wisatawan daripada negara-negara asean dapat terus meningkat. terlebih, ingin banyak wisata minat khusus dan menantang, seperti arung jeram dalam sungai progo, panjat tebing di pantai siung, jelajah goa dan yang lain, kata kepala bidang pemasaran dinas pariwisata diy heri lencono.